Sabtu, 14 Mei 2011

Sifilis

Sifilis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri treponema pallidum. Penyakit ini dapat menyerang berbagai organ tubuh, dapat ditularkan melalui hubungan seksual (hubungan yang bersifat badaniah) yang intim (misalkan: ciuman bibir),melalui luka mikroskopis,transfusi darah segar, dan dari ibu ke janin melalui plasenta. Penyakit sifilis dapat dibagi menjadi beberapa stadium, yaitu :
  1. Sifilis primer,berupa borok pada kulit tempat masuk bakteri ke tubuh, biasanya di sekitar kelamin. Borok terjadi 4 minggu setelah infeksi,terasa keras dan tidak terasa nyeri. Kelenjar limpa sekitar borok juga membesar. Borok akan sembuh sendiri dalam waktu sekitar 4 minggu, tetapi penyakitnya terus menjalar ke seluruh tubuh memasuki stadium sekunder.
  2. Sifilis sekunder, berupa ruam pada kulit,demam,pembesaran kelenjar limpa seluruh tubuh, dan pegal linu. Gejala-gejala inipun kemudian menghilang dan penakit memasuki stadium selanjutnya. 
  3. Sifilis laten, pada  stadium laten penyakitnya kurang menular tetapi bakterinya terus menyerang organ dalam dan pada akhirnya menimbulkan kerusakan pada organ 3 - 10 tahun kemudian , yang disebut sebagai sifilis tertier.
  4. Sifilis tertier,dapat menyerang dan merusak otak dengan segala akibatnya, menyerang kulit,tulang,dan organ-organ dalam yang menimbulkan benjolan ang disebut gumma. Gumma ini kemudian menjadi borok yang sulit sembuh. Sifilis ini juga dapat menyerang jantung dan pembuluh darah. 
Sumber : Srtuktur dan Fungsi....by Drs.K.Irianto                                                                                                                            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar